Minggu, 07 Maret 2010

KONSEP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

 

Empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut:

1. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.

2. Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.

3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif, sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.

4. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar-mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

 

Berbagai masalah sehubungan dengan strategi belajar mengajar yang secara keseluruhan diklasifikasikan seperti berikut:

1. Konsep dasar strategi belajar mengajar

2. Sasaran kegiatan belajar

3. Belajar mengajar sebagai suatu sistem

4. hakikat proses belajar

5. entering behavior siswa

6. pola-pola belajar siswa

7. memilih sistem belajar mengajar

8. pengorganisasian kelompok belajar

9. pengelolaan atau implementasi proses belajar mengajar

 

Pustaka:

Bahri, Syaiful, dkk. Strategi BELAJAR MENGAJAR. Rineka Cipta. Jakarta: 2006.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar